Baling-baling Kertas, mudah berputar dengan ditiup


A. Cara Membuat Baling-baling Kertas

a. Alat dan Bahan: (1) Kertas karton ukuran 15 cm × 15 cm, (2) Gunting, (3) Pensil, (4) Penggaris, (5) Paku payung atau Jarum Pentul, (6) Batang kayu kecil yang panjangnya 25 cm.
b. Cara Membuat:
1. Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pensil. Pada  bagian tengah dari pertemuan kedua garis silang, buatlah lubang kecil.

2. Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat dengan gunting. Potonglah hingga setengahnya atau mendekati sumbu poros. Berhati-hatilah menggunakan gunting, jangan sampai melukai tanganmu.

3. Tekuklah bagian yang telah digunting ke arah poros dan tusukkan paku payung dibagian porosnya.

4. Tusukkan paku payung atau Jarum Pentul pada sebatang kayu, kemudian, tiuplah kincir itu dari arah depan.

B. Mengapa Baling-baling Kertas Berputar saat ditiup ?
Baling-baling kertas berputar karena ada angin yang menggerakkannya. Tiupan angin menerpa potongan karton yang ditekuk. Kemudian, angin mengalir melalui celah potongan karton. Dengan demikian, baling-baling kertas tersebut dapat berputar pada porosnya. Kamu dapat memainkan baling-baling kertas tersebut sambil berlari. Dengan berlari, kamu memaksa udara tenang menabrak celah udara pada potongan karton. Oleh karenanya, putaran baling-baling kertas semakin kencang.

C. Pemanfaatan baling-baling untuk pembangkit listrik
Baling-baling untuk pembangkit listrik tenaga angin dibuat oleh Negara Belanda, sehingga Belanda dijuluki negeri kincir angin. Pada kincir angin modern, putaran kincir dimanfaatkan untuk menggerakkan roda magnet pada generator, selanjutnya dihasilkan energi listrik yang besar.  Energi  listrik dapat digunakan untukberbagai keperluan.
Referensi:

http://www.redcarra.com/belajar-angin/


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *