Gelombang

1) Definisi  gelombang
a) Gelombang adalah getaran yang merambat melalui suatu medium.
b) Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh satu gelombang. Panjang gelombang dilambangkan dengan λ (dibaca : lamda) dengan satuannya meter.
c) Pada gelombang transversal, panjang gelombang dapat didefinisikan sebagai jarak antara dua puncak gelombang yang berdekatan atau jarak antara dua dasar gelombang berturut-turut. Satu gelombang transversal adalah satu bukit gelombang dan satu lembah gelombang.
d) Pada gelombang longitudinal, panjang gelombang didefinisikan sebagai jarak antara dua pusat rapatan yang berdekatan atau jarak antara dua pusat renggangan yang berdekatan. Satu gelombang longitudinal adalah satu rapatan dan satu renggangan.
e) Periode gelombang adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Periode gelombang dilambangkan dengan T dan satuannya sekon.
f) Frekuensi gelombang adalah banyaknya gelombang yang terjadi dalam setiap sekon. Frekuensi gelombang dilambangkan dengan  dan satuannya adalah Hertz.
g) Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik. Cepat rambat gelombang dilambangkan dengan v dan satuannya adalah meter/sekon (m/s).
h) Hubungan antara Panjang, Periode, Frekuensi, dan Cepat Rambat Gelombang
Telah diketahui bahwa periode gelombang T adalah:
Dengan demikian, diperoleh hubungan antara cepat rambat gelombang (v) dengan panjang gelombang (λ), periode (T), dan frekuensi gelombang (f) yang dituliskan sebagai berikut.


Keterangan:
v = kecepatan gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode (sekon)        

2) Pengelompokkan Gelombang Berdasarkan Medium Perambatannya

a) Gelombang Mekanik
Riak Air merupakan Gelombang Mekanik
Gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki merupakan contoh-contoh gelombang mekanik. Gelombang-gelombang ini memerlukan medium untuk dapat merambatkan gelombang. Air, udara, tali, slinki adalah medium yang digunakan untuk merambatkan gelombang air, gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pada slinki. Gelombang-gelombang ini ditimbulkan oleh adanya getaran mekanik. Oleh karena itu, gelombang-gelombang tersebut dikelompokkan ke dalam gelombang mekanik. Umumnya, gelombang mekanik seperti contoh tersebut dapat diamati dengan mata telanjang.





b) Gelombang Elektromagnetik
Siaran TV menggunakan Gelombang Elektromagnetik
Kita dapat melihat pertandingan bola di Italia secara langsung padahal jarak rumah kita ke negara tersebut sangat jauh. Kita dapat melihat acara TV karena adanya gelombang elektromagnetik. Siaran pertandingan bola di Italia dipancarkan ke satelit bumi dan oleh satelit bumi ini dipancarkan kembali ke bumi. Televisi dapat menangkap gelombang ini dan mengubahnya menjadi gambar dan suara. Gelombang elektromagnetik dapat merambat meskipun tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombangnya. Contoh lain, gelombang sinar Matahari dapat sampai ke bumi meskipun antara Matahari dan bumi tidak terdapat medium untuk menjalarkan gelombang. Gelombang yang dapat merambat tanpa membutuhkan medium disebut gelombang elektromagnetik.




3) Pengelompokan Gelombang berdasarkan medium untuk merambat
a) Gelombang Transversal
Ketika kita menghentakkan ujung tali sementara ujung yang lainnya dipegang teman kita, akan terbentuk gelombang yang menjalar dari ujung yang kita pegang ke ujung yang dipegang teman kita. Arah gelombang tersebut adalah mendatar atau horizontal. Pita yang diikatkan pada tali akan mengalami gerakan naik dan turun setiap kali gelombang melewatinya. Pita tidak ikut merambat, tetapi hanya bergerak ke atas kemudian ke bawah jika gelombang telah melewatinya. Gerakan pita adalah vertikal. Ternyata, gelombang pada tali merambat secara horizontal dan arah getarannya vertikal. Dengan demikian arah perambatan gelombang dan arah getarannya saling tegak lurus. Gelombang seperti ini disebut dengan gelombang transversal. Jadi, gelombang transversal adalah gelombang yang arah perambatannya tegak lurus terhadap arah getarannya.






b) Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal dapat kita amati pada slinki. Ketika slinki kita gerakkan, pada slinki akan merambat gelombang yang arahnya searah dengan arah getaran dari tangan kita yang diberikan pada slinki. Gelombang yang arah rambatannya searah dengan arah getarannya seperti pada gelombang slinki dinamakan gelombang longitudinal. Jadi, gelombang longitudinal adalah gelombang yang merambat searah dengan arah rambatannya.










4) Pemanfaatan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari
a) Satelit Buatan
Satelit Buatan
Satelit buatan adalah seperangkat alat elektronik yang diorbitkan pada orbit tertentu di luar angkasa. Satelit buatan ini mengorbit mengelilingi bumi seperti halnya bulan. Satelit digunakan manusia khususnya dalam bidang telekomunikasi dan meteorologi. Dalam bidang telekomunikasi yaitu digunakan untuk menerima dan menyebarkan gelombang televisi dari suatu tempat di bumi kemudian menyebarkannya ke bagian bumi lain sehingga informasi dapat disampaikan saat itu juga.








b) Sel Surya
Sel Surya
Sel surya digunakan manusia untuk menampung gelombang sinar Matahari sehingga manusia memperoleh bentuk energi baru.









c) Sonar
Sonar
Prinsip kerja sonar ini berdasarkan pada konsep pemantulan gelombang. Dari permukaan, gelombang bunyi dijalarkan ke dalam laut. Gelombang suara ini menyebar ke kedalaman laut. Jika sebelum tiba di dasar laut, gelombang suara ini mengenai gerombolan ikan, gelombang suara ini sebagian akan dipantulkan kembali ke permukaan. Gelombang pantul ini akan diterima oleh alat dan langsung digambarkan dalam monitor. Nelayan dapat melihat gerombolan ikan di bawah kapal mereka. Dengan demikian, nelayan dapat menurunkan jaringnya untuk menangkap ikan-ikan tersebut. Penggunaan sonar ini akan lebih menguntungkan dan membuat suatupelayaran akan lebih efektif.





Penyusun: Lulu Hidayati. IX H. SMP Negeri 1 Adiwerna. 2011.
Sumber: Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng Yuli Irianto. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Artikel Getaran, Gelombang, dan Bunyi

No
GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
Penulis
01
Lulu Hidayati
02
Lulu Hidayati
03
Faoziah Arumi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *