Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

1. Definisi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) didefinisikan sebagai: (1) gerak suatu benda dimana dalam selang waktu yang sama mengalami perubahan kecepatan (bisa bertambah atau berkurang) yang sama. (2) gerak suatu benda yang mengalami percepatan tetap.
2. Definisi Percepatan
Percepatan menyatakan laju perubahan kecepatan, atau menyatakan perubahan kecepatan per satuan waktu. Percepatan sebuah benda ditentukan dengan membandingkan perubahan kecepatan benda tersebut terhadap waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan kecepatan itu.














Contoh Soal
Tiga buah pesawat (A, B, dan C) mula-mula bergerak dengan kecepatan yang sama 20 m/s. Setelah 1 sekon pesawat A bergerak dengan kecepatan 30 m/s, pesawat B bergerak dengan kecepatan 50 m/s, dan pesawat C bergerak dengan kecepatan 40 m/s. Tentukanlah besar percepatan masing-masing pesawat!

Diketahuiv0 = 20 m/s,  vA = 30 m/s, vB = 50 m/s, vC = 40 m/s, dan t = 1 s
DitanyaaA = …. ?, aB = …. ?, aC = …. ?


3. Perbedaan Percepatan dan Perlambatan
A. Percepatan
Bila percepatan suatu benda searah dengan kecepatannya, maka kecepatan benda tersebut akan semakin besar, berarti gerak benda semakin cepat. Percepatan semacam ini disebut percepatan positif. lazim disebut percepatan.
B. Perlambatan
Bila percepatan suatu benda berlawanan arah dengan kecepatannya, berakibat kecepatan benda tersebut akan semakin kecil. Gerak benda semakin lambat. Percepatan semacam ini disebut percepatan negatif. Percepatan negatif lazim disebut perlambatan.

4. Macam-macam Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)











I. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dipercepat, Contoh gerak benda yang jatuh bebas. Gerak jatuh bebas mengalami percepatan oleh gravitasi sehingga kecepatannya semakin besar.
II. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) diperlambat, Contoh  gerak benda yang kita lempar vertikal ke atas.  Gerak vertikal ke atas mengalami perlambatan oleh gravitasi, karena itu kecepatannya semakin kecil.

Hasil ketikan ticker timer pada Percobaan GLBB



Grafik kecepatan terhadap waktu untuk:
















Sumber:
Gambar dari Google Images
Teguh Sugiyarto, dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Anni Winarsih , dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Semarang: Departemen Pendidikan Nasional
Wasis, dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Artikel Gaya, Tekanan, Gerak, dan Energi


No
GAYA, TEKANAN, GERAK, DAN ENERGI
Penulis
01
Maghfiroh
02
M. Intan H
03
Sri Wahyuningsih
04
M. Fudloli
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
M. Badrus S

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *