Senapan Bambu, Mainan Tradisional yang Mengasyikkan

Cara membuat Senapan Bambu


Senapan bambu adalah jenis mainan yang cukup aman dan umum digemari anak saat senapan-senapan plastik belum merambah pedesaan. Senapan bambu dibuat dari bambu dengan menggunakan peluru dari kertas atau bunga jambu.

Bambu yang dibuat senapan bambu dipilih bambu dengan garis tengah kecil, ukuran cukup panjang, dipilih yang berdinding tebal, sebab bambu dengan dinding tebal menjadikan bambu kuat menahan tekanan. Ada batang bambu pendorong dengan salah satu ujungnya dibuat dari akar bambu atau bambu yang dibiarkan melebar. Gunanya adalah mendorong  bahan peluru kertas padat atau bunga jambu air.  Panjang bagian batang bambu pendorong yang masuk dalam lubang dikurangi panjangnya 2cm dari ujung, tujuannya agar gumpalan kertas saat didorong tidak terjatuh.

Cara menggunakan senapan bambu sederhana, buat gumpalan kertas pertama, dimasukkan lubang, lalu didorong sampai berada didaerah ujung, sedangkan gumpalan kertas padat kedua berada didaerah pangkal. Saat gumpalan kertas pertama didorong keujung, senapan belum menghasilkan letupan, tetapi setelah peluru kedua dipaksa masuk di daerah pangkal, kemudian didorong dengan cepat maka mengahasilkan suara letusan.  Mengapa suara letusan terjadi ? dorongan cepat menghasilkan pemampatan ruang dalam lubang bambu, menyebabkan tekanan di dalamnya naik, ketika terus didorong  maka volume dalam ruang bambu semakin kecil, tekanan ini memaksa peluru gumpalan kertas yang berada di ujung terlontar keluar dengan cepat dengan menghasilkan bunyi letusan. Gumpalan kertas yang terlontar berfungsi sebagai peluru.

Makin panjang bambu, maka makin besar tenaga dorong yang dapat dilakukan akibat makin besar gaya dorong dari tangan.  Jika bambu lebih panjang, suara letupan makin keras, jika suara letupan makin keras, peluru kertas data melesat lebih cepat. Inilah kebanggaan memiliki dan membuat sendiri senapan bambu yang dapat menghasilkan bunyi letupan keras. Apakah kalian tertarik? Silahkan mencoba membuat senapan bambu sendiri.
Cara Bermain Senapan Bambu
Sumber:
gambar dari google images

Artikel Penerapan Fisika Pada Permainan

No
PENERAPAN FISIKA PADA PERMAINAN
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *